Jumat, 25 April 2014
PROGRAM BANTUAN SOSIAL 2014 KHUSUS KEMENAG
Program Bantuan Sosial Tahun 2014 untuk Madrasah sudah Bisa http://kemenag.go.id/file/file/Dokumen/shak1398415200.pdf
Rabu, 23 April 2014
JUKLAK PENGISIAN EMIS PDDK TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Bagi rekan-rekan yg masih bingung cara ngisi silahkan unduh file di link berikut ini http://emispendis.kemenag.go.id/index.php?view=pengumuman&id=11
JUARA KMS SE-KABUPATEN TASIKMALAYA DI MTSN KARANGNUNGGAL 2
Alhamdulillah Ya Alloh siswa-siswi kita jadi juara UMUM KMS TINGKAT KABUPATEN TASIKMALAYA DI MTSN KARANGNUNGGAL 2 KAB TASIKMALAYA TAHUN 2014,
Semoga menjadi Motivasi untuk siswa-siswi yang mengikuti KMS dan yang tidak ikut, dengan belajar istiqomah pasti akan menghasilkan prestasi yang luar biasa, Bravo MTs.N Leuwisari dan KKM MTs.N Leuwisari.
Senin, 21 April 2014
Keberhasilan Kurikulum 2013
Sedikitnya ada dua faktor besar dalam ke berhasilan kurikulum 2013. Pertama, penentu, yaitu kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. Kedua, faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur; (i) ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum; (ii) penguatan peran pemerintah daam pembinaan dan pengawasan; dan (iii) penguatan manajemen dan budaya sekolah.
Melalui empat tujuan itu diharapkan siswa memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Disinilah guru berperan besar di dalam mengimplementasikan tiap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Guru ke depan dituntut tidak hanya cerdas tapi juga adaptip terhadap perubahan.
Sumber : http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-5
Berkait dengan faktor pertama, Kemdikbud sudah mendesain strategi penyiapan guru sebagaimana digambarkan pada skema penyiapan guru yang meibatkan tim pengembang kurikulum di tingkat pusat; instruktur diklat terdiri atas unsur dinas pendidikan, dosen, widyaswara, guru inti, pengawas, kepala sekolah; guru utama meiputi guru inti, pengawas, dan kepala sekolah; dan guru mereka terdiri atas guru kelas, guru mata pelajaran SD, SMP, SMA, SMK.
Pada diri guru, sedikitnya ada empat aspek yang harus diberi perhatian khusus dalam rencana implementasi dan keterlaksanaan kurikulum 2013, yaitu kompetensi pedagogi; kompetensi akademik (keilmuan); kompetensi sosial; dan kompetensi manajerial atau kepemimpinan. Guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemungkinan terjadinya perubahan.
Kesiapan guru lebih penting daripada pengembangan kurikulum 2013. Kenapa guru menjadi penting? Karena dalam kurikulum 2013, bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran.
Melalui empat tujuan itu diharapkan siswa memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Disinilah guru berperan besar di dalam mengimplementasikan tiap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Guru ke depan dituntut tidak hanya cerdas tapi juga adaptip terhadap perubahan.
Sumber : http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-5
Langganan:
Postingan (Atom)