Kamis, 21 Agustus 2014

UPDATE DATA EMIS SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2014/2015


PENGUMUMAN
Kepada Yth.
Kepala RA/MI/MTs/MA Negeri/ Swasta
Di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Garut
Assalaamu’alaikum Wr.Wb.
Berdasarkan surat Kanwil Kemenag Prov. Jabar No. Kw.10.2/PP.00/4355/2014 tanggal 04 Agustus 2014, disampaikan bahwa :Seluruh data Kebutuhan dan Informasi yang berkaitan dengan pendidikan madrasah (RA, MI, MTs, MA) akan mengacu kepada EMIS dan Surat No. Kw.10.2/PP.00/4356/2014, bahwa :Mulai September 2014 dan seterusnya penetapan anggaran BOS Madrasah akan mengacu pada data EMIS, maka untuk itu kami meminta Saudara agar melakukan hal berikut :
1. Segera melakukan Update Data EMIS Semeter Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015;
2. Pastikan data yang tercantum pada EMIS valid, benar dan dapat dipertanggungjawabkan;
3. Data EMIS yang di buat adalah Data Lembaga, Data Personil dan Data Siswa,untuk sementara menggunakan format Excel Semester Genap TahunPelajaran 2013/2014 yang ada validasinya (format dapat diuduh di sini).
Data tersebut harus sudah selesai hari Jum’at, 29 Agustus 2014 disimpan oleh Operator MI, MTs, MA masing-masing(jangan dikirim kemanapun sampai menunggu juknis selanjutnya), sedangkan untuk RA dikumpulkan, diverifikasi dan disimpan oleh Operator PC IGRA/ Kecamatan masing-masing,untuk persiapan diterbitkannya aplikasi EMIS Dekstop Semester Ganjil 2014/2015 yang baru sekitar akhir Agustus 2014.
PETUNJUK PENGISIAN KHUSUS :
a. Isi semua kolom dalam Format Excel sesuai dengan Petunjuk pengisian yang ada pada sheet PETUNJUK dan petunjuk pengisian yang muncul pada setiap kolom (Pop Up Cell).
b. Penulisan huruf KAPITAL hanya pada awal kata saja Contoh :Ahmad Suhenda, S.H.I.
c. Penulisan NSM harus sesuai dengan SK/ Piagam terbaru yang berlaku, apabila ada NSM yang samadengan RA/ Madrasagah yang lain mohon segera dikonfirmasikan ke Seksi Pendidikan Madrasah.
d. NIS Lokal wajib diisi lengkap dan tidak diisi dengan angka 000000000000000000 contoh :131132050001131151 (12 digit NSM, 2 digit tahun masuk, 4 digit nomor urut siswa).
e. Penulisan pada kolom Nama Madrasah (harus sesuai dengan SK yang berlaku) tanpa menuliskan RA, MIN, MIS, MTSN, MTSS, MAN, atau MAS contoh : An-Nur Cibalong.
f. Nomor dan tanggal SK Akreditasi diambil dari SK Akreditasi terakhir yang dikeluarkan BAN S/M ditulis secara lengkap sesuai dengan yang tertera pada SK Contoh :02.00/322/BAP-SM/XI/2013 Tanggal 14/11/2013.
g. Nomor dan Tanggal Ijin Pendirian diambil dari SK Ijin Pendirian yang dimiliki secara lengkap Contoh :005/LP.MA`ARIF/MLB/PP.06/1993 Tanggal : 17/07/1993.
h. Nomor dan tanggal SK Ijin Operasional diambil dari SK Ijin Operasional yang dimiliki secara lengkap Contoh :Wi/1/HK 008/159/1995 Tanggal : 17/07/1995.
i. Penulisan Alamat Contoh : Kp. Cilegong RT.02 RW.06.
j. Nomor telpon/HP Wajib diisi dengan nomor telpon/HP yang selalu aktif bisa dihubungi.
k. NPWP ditulis sesuai dengan yang tertera pada kartu contoh : 25.772.563.0-443.000.
l. Titik Koordinat, E-Mail, dan semua kolom yang ada datanya wajib diisi jangan sampai di kosongkan.
m. Nomor Kartu Keluarga wajib diisiContoh :32053108086600002.
Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

KLIK DI SINI : http://adf.ly/rNzuU

Jumat, 15 Agustus 2014

TUTORIAL PEMBUATAN AKUN PADAMU SEKOLAH LEWAT AKUN INSTITUSI DI WEB PADAMU NEGERI

1. Klik link URL ini : PADAMU NEGERI lalu klik menu Log In kalau sudah nampak scroll  ke bawah lalu klik menu Login Admin/Operator Sekolah lihat gambar di bawah ini :




2. Lalu isikan NPSN dan pasword sesuai pembuatan dulu, setelah itu lalu klik masuk, seperti gambar di bawah ini :




3. Lalu akan nampak gambar di bawah ini, silahkan klik pada menu KELOLA AKUN INSTITUSI, seperti gambar di bawah ini :





4. Setelah tahap 3 selesai maka akan tampak gambar seperti di bawah ini, lalu klik menu KELOLA GRUP ADMIN bisa yang ada di tengah atau di pinggir kiri, seperti gambar di bawah ini :






5. Lalu klik tanda Plus ( + ) di sebelah kanan, seperti gambar di bawah ini :






6. Lalu isikan di akun cek email menggunakan NO NUPTK, contoh :
9863743644200002@siap.id setelah di isikan lalu tekan menu cek email



7. Setelah tahap 6 sudah di selesaikan bisa terlihat profile operator yang akan mengelola akun padamu sekolah, langsung aja klik menu Simpan, lihat gambar di bawah ini :





8. Lalu akan muncul perintah Cetak Tanda bukti untuk mendapatkan kode aktivasi, langsung saja klik menu cetak :




9. Silahkan print tahapan ini untuk di simpan, karena username dan kode aktivasi akan terpakai, seperti gambar di bawah ini :






10. Kalau tahap 9 sudah di print silahkan tahap No. 1 ulangi lagi, tapi tahap 10 ini berbeda untuk loginnya, kalau tahap 1 login nya ke menu admin/operator sedangkan tahap 10 ini login nya ke menu Login PTK untuk mengaktipkan kode aktivasinya yang tertera di manual print pada tahap 9, seperti gambar di bawah ini :






11. Setelah mengklik menu Login PTK pada tahap 10 silah kan isi pada kotak Usernama NUPTK/PegId diakhiri dengan @siap.id dan gunakan paswordnya adalah pasword PTK itu sendiri yang suka di pakai oleh akun pribadi PTK, setelah mengisi username dan pasword langsung klik menu masuk, seperti gambar di bawah ini.




12. Pada tahap 12 ini adalah tahap akhir pada pendaftaran akun padamu sekolah, silahkan klik pada menu padamu sekolah untuk memasukkan kode token aktivasi yang tertera pada manual print yang tertera pada tahap 9, seperti gambar di bawah ini, setelah selesai silahkan Log Out dan coba lagi untuk masuk ke menu Login PTK yang insya Alloh tidak akan meminta lagi kode tokn aktivasi.






Silahkan pelajari untuk pembuatan akun padamu sekolah semoga Tutorial singkat ini bermanpaat bagi yang belum bisa aktivasi di web Padamu Negeri, dan tak lupa pula saya minta maap bila dalam penyajian tutorial ini banyak kata-kata yang tak berkenan di hati para pembaca Tutorial ini.


"MAJU TERUS INDONESIAKU, MAJU TERUS PENDIDIKAN DI INDONESIA DEMI MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK, KOBARKAN TERUS SEMANGAT JUANG PARA TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DEMI  BANGSA DAN ANAK BANGSA YANG KITA CINTAI INI"

Minggu, 10 Agustus 2014

CATATAN UPDATE REFERENSI SAKPA TANGGAL 08 DAN 19 MEI 2014

CATATAN UPDATE REFERENSI SAKPA TANGGAL 08 DAN 19 MEI 2014

UPDATE REFERENSI SAKPA 19 MEI 2014

UPDATE REFERENSI SAKPA 19 MEI 2014

UPDATE REFERENSI SAKPA 08 MEI 2014

UPDATE REFERENSI SAKPA 08 MEI 2014

KOMPETENSI DASAR SMP/MTS TAHUN 2013

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Kepada seluruh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang ada di Republik Indonesia saya akan berbagi Kompetensi Dasar SMP/MTS Tahun 2013 semoga Kompetensi Dasar SMP/MTs Tahun 2013 ini dapat di manpaatkan di sekolah masing-masing, ini adalah link untuk mendonload Dokumen kurikulum nya : KOMPETENSI DASAR SMP/MTS TAHUN 2013

Wassalamu'alaikum Wr Wb

DOKUMEN KURIKULUM TAHUN 2013

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Kepada seluruh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang ada di Republik Indonesia saya akan berbagi Dokumen Kurikulum untuk SMP/MTs semoga Dokumen ini dapat di manpaatkan di sekolah masing-masing, ini adalah link untuk mendonload Dokumen kurikulum nya : DOKUMEN KURIKULUM 2013 

Wassalamu'alaikum Wr Wb