Selasa, 09 September 2014

APLIKASI VALIDASI NOMOR STATISTIK MADRASAH (NSM)

Assalamu'alaikum Wr Wb

Buat referensi ke depan atau mungkin nanti dipakai dalam Validasi Nomor Statistik Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Madrasah Kemenag RI telah mengeluarkan Aplikasi Validasi Nomor Statistik Madrasah, yang mana Aplikasi ini di bagi 2 macam :

1. Aplikasi Validasi Nomor Statistik Madrasah 32 bit donload di sini : 32 BIT
2. Aplikasi Validasi Nomor Statistik Madrasah 64 bit donload di sini : 64 BIT

Untuk Username dan Pasword mungkin nanti menyusul.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Sabtu, 06 September 2014

SIAP KERJA EMIS DEKSTOP PDDK DARI DITJEN PENDIS KEMENAG RI TP 1415 SEMESTER 1 SUDAH MUNCUL

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Hari ini saya sore hari tanggal 09 september 2014 jam 17.27 mencoba browsing di site Ditjen Pendis Kemenag RI ternyata ada blanko isian yang harus di isi oleh OP Madrasah masing-masing dan harus dikumpulkan nantinya lewat PC dan KKM masing-masing berbentuk file excel dan buckap (untuk bck menunggu aplikasi baru) yaitu adalah blanko EMIS DEKSTOP untuk komposisi blanko tidak jauh berbeda dengan Tahun Pelajaran 2013/2014 cuma di Tahun Pelajaran ini (2014/2015) ada penambahan blanko yaitu Blanko Lulusan yang Tahun kemaren (2013/2014) siswanya yang ikut UAMBN/UN atau UASBN harus di inputkan kepada blank tersebut, komposisi blankonya sebagai berikut :

1. Form MTs TP 2014-2015 (Lembaga).xlsx Judul file di rubah dalam file masih sama dengan TP 13/14
2. Form MTs TP 2014-2015 (Lulusan).xlsx ini file baru dalam file saya lihat sama dengan TP 13/14
3. Form MTs TP 2014-2015 (Personal).xlsx Judul file di rubah dalam file masih sama dengan TP 13/14
4. Form MTs TP 2014-2015 (siswa).xlsx Judul file di rubah dalam file masih sama dengan TP 13/14

Catatan : Sebelum di isi dan di kopas datanya dari blanko lama pelajari dulu blanko yang TP 14/15 takut-takut ada perubahan biar ga sia-sia mengerjakannya.

Okelah saya langsung saja saya kasih link untuk Donloadnya, link donload ini bisa di pakai untuk tiap jenjang seperti (Bidang Madrasah : meliputi RA. MI, MTs, MA dan Pengawas), (Bidang Pontren : meliputi MD, LPA, PP, PP Dikdas salafiyah Lembaga, PP Dikdas Salafiyah Santri), ( Bidang Pais : meliputi : Guru PAI dan Pengawas PAI) berikut link nya : DITJEN PENDIS KEMENAG RI  (TUNGGU 5 DETIK LALU KLIK SKIP ADD)

wassalamu'alaikum Wr Wb.

Selasa, 26 Agustus 2014

DATA MADRASAH MTSN DAN MTSS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Data Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta Se Provinsi Jawa barat silahkan lihat DI SINI

SOF COPY BUKU AGAMA (FIQIH, BHS ARAB, SKI, QURDIS, AQIDAH) BERIKUT PEGANGAN GURU

Alhamdulilah sekarang sudah tersedia Soft Copy Buku Agama Islam yaitu :

1. Sof Copy Buku Siswa
a. Fiqih Donload Buku Fiqih
b. Bahasa Arab Donload Buku Bahasa Arab
c. Qurdis Donload Buku Qurdis
d. SKI Donload Buku SKI
e. Aqidah Akhlak Donload Buku Aqidah Akhlak

2. Sof Copy Buku Guru
a. Fiqih Donload Buku Guru Fiqih
b. Bahasa Arab Donload Buku Guru Bahasa Arab
c. Qurdis Donload Buku Guru Qurdis
d. SKI Donload Buku Guru SKI
e. Aqidah Akhlak Donload Buku Guru Aqidah Akhlak

Wassalamu'alaikum Wr Wb

SUSUNAN ANGGOTA KKM MTs.N LEUWISARI KAB. TASIKMALAYA

Di informasikan kepada Kepala MTs Se-KKM MTs.N Leuwisari, terhitung 1 September 2014 susunan keanggotaan KKM MTs.N Leuwisari Kab. Tasikmalaya mengikuti ketentuan yang telah kami buat, sebagaimana terlampir SUSUNAN KEANGGOTAAN KKM MTSN LEUWISARI KAB. TSM

Kamis, 21 Agustus 2014

UPDATE DATA EMIS SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2014/2015


PENGUMUMAN
Kepada Yth.
Kepala RA/MI/MTs/MA Negeri/ Swasta
Di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Garut
Assalaamu’alaikum Wr.Wb.
Berdasarkan surat Kanwil Kemenag Prov. Jabar No. Kw.10.2/PP.00/4355/2014 tanggal 04 Agustus 2014, disampaikan bahwa :Seluruh data Kebutuhan dan Informasi yang berkaitan dengan pendidikan madrasah (RA, MI, MTs, MA) akan mengacu kepada EMIS dan Surat No. Kw.10.2/PP.00/4356/2014, bahwa :Mulai September 2014 dan seterusnya penetapan anggaran BOS Madrasah akan mengacu pada data EMIS, maka untuk itu kami meminta Saudara agar melakukan hal berikut :
1. Segera melakukan Update Data EMIS Semeter Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015;
2. Pastikan data yang tercantum pada EMIS valid, benar dan dapat dipertanggungjawabkan;
3. Data EMIS yang di buat adalah Data Lembaga, Data Personil dan Data Siswa,untuk sementara menggunakan format Excel Semester Genap TahunPelajaran 2013/2014 yang ada validasinya (format dapat diuduh di sini).
Data tersebut harus sudah selesai hari Jum’at, 29 Agustus 2014 disimpan oleh Operator MI, MTs, MA masing-masing(jangan dikirim kemanapun sampai menunggu juknis selanjutnya), sedangkan untuk RA dikumpulkan, diverifikasi dan disimpan oleh Operator PC IGRA/ Kecamatan masing-masing,untuk persiapan diterbitkannya aplikasi EMIS Dekstop Semester Ganjil 2014/2015 yang baru sekitar akhir Agustus 2014.
PETUNJUK PENGISIAN KHUSUS :
a. Isi semua kolom dalam Format Excel sesuai dengan Petunjuk pengisian yang ada pada sheet PETUNJUK dan petunjuk pengisian yang muncul pada setiap kolom (Pop Up Cell).
b. Penulisan huruf KAPITAL hanya pada awal kata saja Contoh :Ahmad Suhenda, S.H.I.
c. Penulisan NSM harus sesuai dengan SK/ Piagam terbaru yang berlaku, apabila ada NSM yang samadengan RA/ Madrasagah yang lain mohon segera dikonfirmasikan ke Seksi Pendidikan Madrasah.
d. NIS Lokal wajib diisi lengkap dan tidak diisi dengan angka 000000000000000000 contoh :131132050001131151 (12 digit NSM, 2 digit tahun masuk, 4 digit nomor urut siswa).
e. Penulisan pada kolom Nama Madrasah (harus sesuai dengan SK yang berlaku) tanpa menuliskan RA, MIN, MIS, MTSN, MTSS, MAN, atau MAS contoh : An-Nur Cibalong.
f. Nomor dan tanggal SK Akreditasi diambil dari SK Akreditasi terakhir yang dikeluarkan BAN S/M ditulis secara lengkap sesuai dengan yang tertera pada SK Contoh :02.00/322/BAP-SM/XI/2013 Tanggal 14/11/2013.
g. Nomor dan Tanggal Ijin Pendirian diambil dari SK Ijin Pendirian yang dimiliki secara lengkap Contoh :005/LP.MA`ARIF/MLB/PP.06/1993 Tanggal : 17/07/1993.
h. Nomor dan tanggal SK Ijin Operasional diambil dari SK Ijin Operasional yang dimiliki secara lengkap Contoh :Wi/1/HK 008/159/1995 Tanggal : 17/07/1995.
i. Penulisan Alamat Contoh : Kp. Cilegong RT.02 RW.06.
j. Nomor telpon/HP Wajib diisi dengan nomor telpon/HP yang selalu aktif bisa dihubungi.
k. NPWP ditulis sesuai dengan yang tertera pada kartu contoh : 25.772.563.0-443.000.
l. Titik Koordinat, E-Mail, dan semua kolom yang ada datanya wajib diisi jangan sampai di kosongkan.
m. Nomor Kartu Keluarga wajib diisiContoh :32053108086600002.
Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

KLIK DI SINI : http://adf.ly/rNzuU

Jumat, 15 Agustus 2014

TUTORIAL PEMBUATAN AKUN PADAMU SEKOLAH LEWAT AKUN INSTITUSI DI WEB PADAMU NEGERI

1. Klik link URL ini : PADAMU NEGERI lalu klik menu Log In kalau sudah nampak scroll  ke bawah lalu klik menu Login Admin/Operator Sekolah lihat gambar di bawah ini :




2. Lalu isikan NPSN dan pasword sesuai pembuatan dulu, setelah itu lalu klik masuk, seperti gambar di bawah ini :




3. Lalu akan nampak gambar di bawah ini, silahkan klik pada menu KELOLA AKUN INSTITUSI, seperti gambar di bawah ini :





4. Setelah tahap 3 selesai maka akan tampak gambar seperti di bawah ini, lalu klik menu KELOLA GRUP ADMIN bisa yang ada di tengah atau di pinggir kiri, seperti gambar di bawah ini :






5. Lalu klik tanda Plus ( + ) di sebelah kanan, seperti gambar di bawah ini :






6. Lalu isikan di akun cek email menggunakan NO NUPTK, contoh :
9863743644200002@siap.id setelah di isikan lalu tekan menu cek email



7. Setelah tahap 6 sudah di selesaikan bisa terlihat profile operator yang akan mengelola akun padamu sekolah, langsung aja klik menu Simpan, lihat gambar di bawah ini :





8. Lalu akan muncul perintah Cetak Tanda bukti untuk mendapatkan kode aktivasi, langsung saja klik menu cetak :




9. Silahkan print tahapan ini untuk di simpan, karena username dan kode aktivasi akan terpakai, seperti gambar di bawah ini :






10. Kalau tahap 9 sudah di print silahkan tahap No. 1 ulangi lagi, tapi tahap 10 ini berbeda untuk loginnya, kalau tahap 1 login nya ke menu admin/operator sedangkan tahap 10 ini login nya ke menu Login PTK untuk mengaktipkan kode aktivasinya yang tertera di manual print pada tahap 9, seperti gambar di bawah ini :






11. Setelah mengklik menu Login PTK pada tahap 10 silah kan isi pada kotak Usernama NUPTK/PegId diakhiri dengan @siap.id dan gunakan paswordnya adalah pasword PTK itu sendiri yang suka di pakai oleh akun pribadi PTK, setelah mengisi username dan pasword langsung klik menu masuk, seperti gambar di bawah ini.




12. Pada tahap 12 ini adalah tahap akhir pada pendaftaran akun padamu sekolah, silahkan klik pada menu padamu sekolah untuk memasukkan kode token aktivasi yang tertera pada manual print yang tertera pada tahap 9, seperti gambar di bawah ini, setelah selesai silahkan Log Out dan coba lagi untuk masuk ke menu Login PTK yang insya Alloh tidak akan meminta lagi kode tokn aktivasi.






Silahkan pelajari untuk pembuatan akun padamu sekolah semoga Tutorial singkat ini bermanpaat bagi yang belum bisa aktivasi di web Padamu Negeri, dan tak lupa pula saya minta maap bila dalam penyajian tutorial ini banyak kata-kata yang tak berkenan di hati para pembaca Tutorial ini.


"MAJU TERUS INDONESIAKU, MAJU TERUS PENDIDIKAN DI INDONESIA DEMI MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK, KOBARKAN TERUS SEMANGAT JUANG PARA TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DEMI  BANGSA DAN ANAK BANGSA YANG KITA CINTAI INI"